4 Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Memanggang Kue Dengan Oven Listrik

4 Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Memanggang Kue Dengan Oven Listrik

Orang yang hobi membuat kue pasti tidak asing dengan oven listrik. Varian oven modern ini memang menjadi pilihan banyak orang. Selain lebih praktis, oven listrik juga kerap dilengkapi teknologi kekinian, sehingga risiko kegagalan saat memanggang kue dapat diminimalkan. Jangan hanya memilih oven listrik yang paling canggih untuk mendukung aktivitas membuat kue. Anda juga harus menguasai cara menggunakan oven listrik dengan benar agar Anda dapat menghasilkan kue yang tekstur dan rasanya sempurna.

Soal bahan dasar kue, margarin Blue Band Cake and Cookie tentu menjadi salah satu andalan Anda, karena produk margarin yang satu ini akan menghasilkan kue lezat bertekstur lembut yang menggugah selera. Namun, untuk urusan penggunaan oven listrik, sebaiknya Anda memperhatikan 4 hal ini terlebih dahulu.

Memanaskan Oven Listrik Hingga Temperatur Maksimal

Sebelum Anda memasukkan adonan kue ke dalam oven listrik, Anda perlu memanaskan oven terlebih dulu hingga temperatur yang diinginkan. Hal ini wajib dilakukan agar kue dapat matang dengan sempurna. Karena ketika adonan dimasukkan saat oven dingin, dapat mempengaruhi tekstur akhir dan kue akan sulit mengembang./

Letakkan Loyang Kue pada Posisi yang Benar

Oven listrik berkapasitas besar biasanya terdiri dari beberapa rak untuk memanggang. Kalau Anda hanya memanggang satu loyang kue, letakkan loyang tersebut di bagian tengah. Supaya adonan kue mendapatkan panas oven secara merata. Namun, jika Anda memanggang beberapa loyang kue sekaligus, sempatkan waktu untuk membolak-balik posisi loyang pada oven listrik. Hal ini dapat Anda lakukan saat kue sudah mengembang sempurna supaya semua kue matang dalam waktu bersamaan. Anda harus memperhatikan jenis kue yang sedang dibuat, karena ada beberapa jenis kue yang tidak boleh diganggu ketika proses pemanggangan berlangsung. Jadi, Anda boleh membalik-balikkan posisi loyang kue sewaktu membuat jenis kue tertentu saja.

Memanfaatkan Api Atas dan Api Bawah

Sistem api atas dan api bawah pada oven listrik sangat berguna ketika Anda membuat jenis kue tertentu, misalnya kue lapis dan bolu gulung. Anda wajib cermat mengatur penggunaan api atas dan api bawah, sehingga kue buatan Anda matang sempurna dengan tekstur yang diinginkan. Gunakan temperatur sedang supaya kue tidak mudah hangus ketika dipanggang. Semakin lama oven listrik dinyalakan, maka akan semakin tinggi pula temperaturnya. Hal ini wajib menjadi perhatian Anda setiap saat, terutama saat memanggang kue lapis yang butuh waktu lama.

Memperkirakan Takaran Adonan Kue Secara Tepat

Cara menggunakan oven bukan cuma soal pengoperasiannya saja. Perkiraan takaran adonan kue pun patut diperhatikan. Untuk jenis kue yang bisa mengembang, sebaiknya Anda menakar adonan ¾ penuh. Hal ini membuat adonan kue tidak mudah tumpah sewaktu dipanggang, karena adonan kue yang tumpah berisiko merusak oven listrik. Sementara itu, Anda hanya perlu memperhatikan jarak antar adonan kue di loyang jika Anda membuat kue yang tidak terlalu mengembang seperti kue kering. Dengan demikian, kue tidak akan saling menempel satu sama lain bila matang nanti.

Setelah mempelajari ulasan kali ini, Anda pasti semakin mahir menggunakan oven listrik untuk membuat kue. Sekarang, mari mencari aneka referensi resep kue yang dipanggang. Jangan ragu untuk membuat dan menyajikannya sebagai hidangan istimewa di rumah. Variasi kue apa yang paling disukai buah hati Anda?