Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Semakin berkembangnya zaman, speaker sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat secara luas. Anda sendiri dapat menemukan banyak sekali macam speaker pada komponen audio sound system. Banyaknya speaker di pasaran tersebut mungkin membuat para pemula bingung dalam memilih. Oleh karena itu, simak tipsnya berikut agar tidak salah pilih.

Kiat Memilih Speaker yang Bagus

1.Pertimbangkan Ukuran Woofer pada Speaker

Perlu diketahui bahwa woofer merupakan tolak ukur untuk menentukan suara bass yang dihasilkan. Pasalnya woofer sendiri bekerja sangat baik pada frekuensi rendah, sehingga amat pas digunakan untuk memutar genre lagu hard bass. Speaker sendiri memiliki ukuran woofer yang bervariasi mulai dari 4 inci, 6 inci, 8 inci, 10 inci, 12 inci, hingga 15 inci.

Semakin besar diameter woofer speaker, maka berbanding lurus dengan semakin besarnya nada bass yang akan dihasilkan. Jadi jika anda ingin mendapatkan suara bass yang menggelegar dan berkualitas, maka anda bisa memilih speaker yang dibekali dengan woofer double.

2.Pertimbangan Penggunaan Daya

Dalam memilih speaker untuk audio sound system, penting untuk mempertimbangkan penggunaan dayanya. Hal ini biasanya kerap membuat masyarakat salah kaprah, dimana banyak yang menganggap bahwa penggunaan daya tinggi berarti kualitas speaker juga tinggi. Padahal nyatanya tidak selalu demikian, karena penggunaan daya tidak bisa menjadi patokan.

Namun penggunaan daya ini akan berpengaruh terhadap amplifier. Semakin besar daya yang dibutuhkan maka akan semakin kuat pula amplifiernya. Dengan amplifier yang kuat, alhasil volume yang diciptakan juga menjadi lebih tinggi dan keras. Akan tetapi, pastikan anda memilih speaker dengan penggunaan daya sesuai dengan daya listrik yang dimiliki.

3.Pertimbangkan Ukuran Kotak Speaker

Secara umum, besar kecilnya kotak speaker akan disesuaikan dengan ukuran dari speaker itu sendiri. Jika tempat anda terbilang cukup luas, maka bebas memilih speaker dengan ukuran diameter yang besar sekalipun. Namun bagi anda yang mempunyai ruang terbatas, sebaiknya pilih kotak speaker kecil agar tidak memakan banyak tempat dan membuat ruangan menjadi sesak.

4.Cek Sistem Konfigurasi Audio Speaker

Umumnya, sistem audio yang ada pada speaker aktif menggunakan dua konfigurasi yaitu speaker 2 way dan 3 way. Untuk sistem 2 way, menggunakan 2 jenis speaker yang terdiri atas tweeter dan midbass. Sementara sistem 3 way adalah versi pelengkapnya, yang ditambah dengan midrange. Perbedaan kedua sistem tersebut terletak pada dimensi beserta rentang frekuensinya.

Tweeter memiliki frekuensi yang paling tinggi bila dibandingkan dengan midbass dan midrange. Jadi, semuanya kembali pada kebutuhan dan selera masing masing. Apabila anda sekadar untuk mendengarkan musik dengan nyaman, maka sistem speaker 2 way sudah cukup. Namun jika ingin audio sound system yang lebih kompleks dan jelas maka speaker 3 way adalah pilihan tepat.

Dalam memilih speaker, sebenarnya memang kembali pada kebutuhan dan selera pada setiap individu. Karena individu satu dengan individu lainnya mungkin memiliki kebutuhan sistem audio yang berbeda. Maka dari itu, platform seperti Bliaudio akan sangat membantu di sini. Karena anda bisa menemukan banyak pilihan speaker yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

info lengkap : https://www.bliaudio.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *