5 Fakta Aligner Gigi yang Semakin Populer

aligner gigi

Aligner gigi sedang mengalami penanjakkan popularitas loh sebagai jalan keluar bagi gigi yang strukturnya bermasalah. Diantaranya masalah tersebut adalah gigi yang mempunyai kecenderungan maju, kemudian gigi yang bertumpuk, ataupun strukturnya yang kurang rata. Nah hal ini tentunya akan mengganggu penampilan kamu, tingkat kepedeanmu dan tentunya akan menimbulkan masalah gigi dan mulut yang lebih serius kedepannya apabila struktur gigi ini tidak mengalami perbaikan.

Nah memasuki tahun 2021 ini untuk memperbaiki masalah gigimu, kamu bisa mencoba teknologi aligner gigi. Yang mana wujud alatnya pun simpel dan cenderung lebih praktis jika kita bandingkan dengan behel. Aligner mempunyai warna transparan sehingga ketika kamu memakainya kemana-mana juga tidak perlu malu dan mengganggu penampilan karena wujudnya yang hampir menyerupai gigi dan tidak terlihat.

Sebelum kamu menggunakan aligner gigi ada baiknya kamu menyimak ulasan terkait fakta yang dimiliki aligner. Hal ini juga akan memperkaya pengetahuanmu terkait perawatan gigi yang bisa kamu coba selain behel dan berbagai cara lainnya.

Fakta-Fakta Menarik Soal Aligner Gigi

Jika kamu masih awam dengan aligner, ada baiknya kamu menyimak ulasan berikut ini mengenai berbagai fakta yang ditawarkan oleh aligner gigi. Dari mulai bagiamana proses penggunaannya, lalu apa benar prosesnya bisa berlangsung lebih cepat ketimbang behel. Yuk kita cari infonya pada bahasan aligner berikut ini.

  • Definisi Aligner Gigi

Aligner gigi adalah sebuah teknik perawatan gigi modern selain behel , yang mana diciptakan dari material plastik yang terbebas dari komposisi BPA. Perawatan gigi modern ini berwujud transparan atau tidak berwarna. Fungsi kerja dari alat ini adalah membuat gigi strukturnya menjadi lebih merata dan tersusun lebih rapi.

  • Proses Penggunaan Tergolong Mudah

Tahap awal yang akan perlu dilakukan oleh pasien yang ingin memasang aligner adalah memperkaya pengetahuan terkait aligner, selanjutnya datang ke dokter yang menangani pemasangan aligner gigi. Setelah itu seorang pasian akan menjalani proses analisis gigi berupa pengambilan foto rontgen gigi dan bagaimana kondisi rongga mulutnya. Biasanya mereka akan menggunakan software canggih berupa Artificial Intelligence. Dengan teknologi tersebut juga akan diketahui akan berapa lama kamu menggunakan aligner gigi.

Proses selanjutnya aligner yang sesuai dengan struktu gigimu akan dipesan dan kamu akan menerimanya beberrapa waktu kemudian. Dokter akan memberikan sejumlah aligner, dimana setiap set aligner gigi harus digunakan paling tidak 22 jam setiap harinya dalam satu minggu. Nah jika minggu pertama sudah terlewati maka kamu bisa melanjutkan pada set aligner yang diperuntukkan bagi minggu kedua. Setiap minggunya gigi akan selalu bergerak tertata, meskipun pergerakannya tidak secara cepat namun jika terakumulasikan beberapa minggu kamu akan mempunyai struktur gigi yang baru. Karena paling tidak per minggunya gigi akan bergerak 0,255milimeter.

  • Perawatan Tidak Membutuhkan Jangka Waktu yang Lama

Kelebihan aligner adalah kamu tidak perlu memakainya dalam kurun waktu tahunan. Jika kondisi gigimu tidak seberapa parah maka perawatan atau pemakaian akan berlangsung paling tidak 3 hingga 6 bulan. Namun tentunya setiap pasien mempunyai kondisi yang tidak sama sehingga harus disesuaikan dengan hasil tes AI (Artificial Intelligence) yang sudah dijalani.

  • Aligner Gigi Aman Bagi Kesehatan Mulut

Fakta lainnya menunjukkan kesehatan mulut akan aman apabila menggunakan aligner gigi. Namun pada dasarnya kamu harus lebih rajin ya melakukan pembersihan aligner. Dan jika kamu sedang mengkonsumsi sesuatu ada baiknya melepaskannya begitu juga saat kamu minum air yang berasa.

  • Aligner Gigi Berbeda dengan Retainer

Aligner gigi bekerja dengan menggerakannya menuju posisi yang normal atau ideal. Saat kamu menggunakannya sepanjang waktu maka akan ada tekanan yang dirasakan oleh gigi dan itulah yang menyebabkannya bergerak. Seperti penjelasan tadi bahwa aligner yang kamu terima akan sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan.

Sedangkan retainer pada dasarnya berguna untuk menjaga kondisi gigi yang telah menjalani perawatan sehingga bisa tetap rata. Untuk pemakaiannya memang dikhususkan saat malam dalam kurun waktu 6 hingga 12 bulan menyesuaikan kondisi riil gigi. Retainer lebih bersifat pasif sehingga gigi tidak bergerak dan kamu akan menerima 1 set retainer saja ya dalam proses perawatannya.

Nah bagaimana menurut kalian apakah semakin tertarik mencoba pasang aligner gigi? Untuk pemasangan aligner kamu butuh budget paling tidak 9jt an yaa, untuk lebih pasti kalian bisa download Klar Smile di Google Play. Dan itu belum termasuk beberapa kali control yang harus kamu lakukan untuk update kondisi gigi kamu. Aplikasi tersebut sudah berkompeten dalam pengembangan Aligner yang berkualitas.