Accounting Software Indonesia untuk UMKM, Pastikan Miliki Fitur Berikut

Accounting Software Indonesia

Bagi anda yang merupakan penggerak UMKM maupun UKM, penggunaan aplikasi accounting sebaiknya mulai dipertimbangkan lantaran software ini akan memberi banyak kemudahan dalam bisnis. Jika anda tertarik, pastikan bahwa accounting software Indonesia yang dipilih memiliki beberapa fitur penting berikut ini.

Fitur Penting dalam Accounting Software

1. Pengelolaan Stok Barang

Fitur pengelolaan stok barang akan sangat membantu untuk bisnis UMKM. Karena anda bisa secara langsung mendapatkan jumlah stok yang ada, sebab data dari perhitungan jumlah persediaan diupdate secara realtime. Dengan begitu, anda pun akan mengetahui berapa harga jual rata rata dari suatu produk hingga stok apa saja yang sedang kosong pada saat itu.

Di samping hal tersebut, fitur pengelolaan stok barang juga bisa membantu memberikan data terkait produk mana yang mempunyai penjualan paling tinggi. Ini tentu akan memberikan insight positif dalam pergerakan bisnis ke depannya. Misalnya dengan mempertahankan atau meningkatkan produk dengan tingkat penjualan tinggi, dan sebaliknya.

2. Fitur Budgeting

Tidak kalah penting, accounting software Indonesia juga sebaiknya memiliki fitur budgeting. Budgeting atau manajemen anggaran adalah aktivitas penting dalam bisnis yang penyusunannya tidak boleh salah. Karena penganggaran ini nantinya akan disesuaikan dengan periode aktivitas. Tentu fitur budgeting tersebut akan sangat membantu agar proses ini berjalan lancar.

4. Fitur Laporan Keuangan

Menjadi salah satu fitur utama, aplikasi accounting wajib memiliki fitur laporan keuangan yang nantinya akan membantu perusahaan dalam menyajikan laporan keuangan yang jelas dan akurat. Yang perlu anda perhatikan yaitu kemampuanya dalam proses akuntansi akrual serta akuntansi double entry.

Fitur laporan keuangan ini mencakup laporan buku besar, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dan juga laporan laba rugi yang dikelola secara otomatis tepat setelah data transaksi diinput. Selain otomasi laporan, software akuntansi ini juga harus mempunyai fleksibilitas dengan adanya akun multi level yang nantinya membuat laporan keuangan lebih mendetail.5.

5. Fitur Manajemen Utang dan Piutang

Adanya utang dan piutang memang begitu lazim dalam kegiatan bisnis. Sehingga diperlukan manajemen utang dan piutang yang baik dan benar untuk mencegah perusahaan mengalami kerugian. Utang yang tidak dibayar dengan benar akan membuat pihak pemberi piutang menjadi hilang kepercayaan.

Sementara piutang yang tidak kunjung dibayar baik oleh mitra atau klien tentu bisa membuat perusahaan merugi. Maka dari itu, accounting software Indonesia yang dipilih sebaiknya memiliki fitur manajemen utang dan piutang. Pada akhirnya, ini dapat membantu mengatur arus kas perusahaan dan mempertahankan finansial agar tetap sehat.

Jadi, pastikan bahwa accounting software yang anda pilih sudah memiliki beberapa fitur yang telah disebutkan di atas. Tentu semakin lengkap fitur yang dimiliki maka akan semakin baik, terlebih jika dapat memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan. Fitur lengkap ini dapat anda temukan dari vendor Soltius Indonesia yang menghadirkan aplikasi terintegrasi.