Apakah Bayi Bisa Terkena Asam Lambung? Cek 4 Gejalanya Di Sini!

Apakah Bayi Bisa Terkena Asam Lambung Cek 4 Gejalanya Di Sini!

Ternyata penyakit asam lambung tidak hanya bisa menyerang orang dewasa saja tapi juga balita. Tentunya Penyakit ini akan menimbulkan perasaan khawatir dari orang tua karena masalah yang timbul adalah berupa nyeri yang sangat sakit di bagian perut.

Maka dari itu orang tua harus peka sejak dini dengan gejala apa saja yang terlihat ketika seorang anak menderita penyakit ini. Apa yang dirasakan saat sakit lambung pada anak?

Sulit Menelan

Ketika bayi Anda mengalami sulit menelan dan terus-terusan menolak ketika diberi makanan ini mungkin saja indikasi perut sang anak terjadi iritasi. Iritasi tersebut menyebabkan ketika anak menyusu isi perut kembali naik ke kerongkongan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa anak jadi sulit untuk menelan. Bahaya asam lambung tidak boleh disepelekan oleh orang tua sejak dini.

Muntah

Gejala yang cukup mudah ditemukan ketika bayi sakit asam lambung adalah frekuensi yang terlalu sering dan semakin parah. Ini bisa terlihat pada bayi yang umurnya lebih dari 12 bulan dan sering muntah setelah makan. Muntah yang parah ciri-cirinya yaitu memiliki cairan berwarna hijau atau kuning danĀ  mengeluarkan zat seperti bubuk kopi. Atau yang paling parah juga anak bisa memuntahkan darah. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya ibu langsung konsultasi ke dokter anak.

Rewel

Ketika anak mengalami refluks, maka mudah sekali terganggu dan sangat rewel ketika hendak disusui. Bayi jadi lebih mudah terserang batuk dan juga hidung tersumbat ketika asam lambungnya naik dan masuk ke saluran udara bagian atas. Bahkan gejala ini bisa semakin memburuk saat si buah hati berbaring dengan posisi terlentang.

Posisi Tubuh Bayi Abnormal Saat Menyusu

Gejala lain yang timbul ketika bayi mengalami refluks adalah posisi menyusui yang cenderung melengkung. Ini disebabkan adanya rasa nyeri seperti terbakar saat penumpukan cairan lambung di kerongkongan. Nah, hal seperti ini otomatis bisa juga menyebabkan masalah neurologis karena lengkungan tubuh yang tidak normal. Apalagi jika disertai dengan kondisi bayi yang muntah atau menolak ketika diberi makan.

Demikian empat gejala yang timbul ketika bayi mengalami penyakit asam lambung. Untuk orang dewasa, penyakit ini cukup berbahaya apalagi jika menyerang si buah hati. Maka dari itu sebaiknya, peka pada kondisi bayi yang terlihat mencurigakan.