Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Bagi Smart People yang saat ini tengah aktif menjual-belikan saham, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah running trade. Running trade ini memang cukup akrab dalam dunia trading saham online, bahkan selalu dipantau oleh para trader.

Mengamati running trade memang banyak dilakukan berbagai kalangan trader karena adanya beragam manfaat. Tidak mengherankan kalau trader yang sudah profesional sekalipun tetap akan melihat dan mengamati running trade tersebut.

Mengenal Running Trade

Running trade bisa dikatakan sebagai papan informasi saham yang bergerak setiap detik. Buat Smart People yang belum terbiasa, tentu akan merasa pusing dengan papan informasi ini karena pergerakan yang cepat dan terjadi setiap saat. Hal tersebut karena running trade memang menampilkan semua saham pada bursa efek yang sedang ditransaksikan di jam-jam aktif.

Papan berjalan ini seperti daftar transaksi yang terus bertambah setiap detik karena adanya tiga hal, yakni investor dan trader, broker saham, serta banyaknya saham yang ada. Ketika semua broker saham mencatat transaksi yang terjadi pada hari dan jam yang sama secara real-time, maka transaksi tersebut akan tercatat pada papan informasi tersebut.

Tidak jarang, para pemula mengalami kendala melihat dan memantau running trade tersebut. Hal ini karena pergerakannya yang cepat, bahkan dalam satu detik saja ada puluhan transaksi yang tercatat. Semakin sering sebuah saham muncul dalam running trade tersebut, maka perdagangan saham tersebut juga akan semakin ramai.

Apakah Manfaat Running Trade?

Sejatinya, running trade pada papan trading saham online bukanlah suatu hal yang benar-benar penting, karena ada hal yang lebih penting lagi yakni transaksi itu sendiri. Terlebih, running trade tersebut hanyalah sebatas sebuah pencatatan dari transaksi saham yang sedang berlangsung.

Kendati demikian, bukan berarti running trade tidak dapat dipelajari. Tentu ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan ketika kita memantau running trade tersebut. Berikut beberapa manfaat yang dimaksud.

1. Melihat ramai-tidaknya perdagangan saham

Tentunya, perdagangan saham yang ramai dapat dilihat dari pergerakan cepat running trade. Semakin cepat running trade tersebut bergerak, tandanya semakin ramai pula pasar saham yang sedang berlangsung.

Dengan kata lain, ada banyak saham yang diperdagangkan sehingga aktivitas transaksi pada hari itu sedang meningkat. Tentu sebaliknya, jika running trade terlihat melambat, maka perdagangan saham dapat diketahui sedang sepi.

Memang, mengidentifikasi sepi atau ramainya pasar saham terlihat subjektif dan tidak dapat disimpulkan secara mudah. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi salah satu indikator bantuan, terutama jika Smart People memang sudah terbiasa menjalankan aktivitas trading menggunakan running trade ini.

2. Melihat saham mana yang paling sering ditransaksikan

Semakin sering sebuah saham muncul dalam running trade, maka dapat dikatakan jika saham tersebut semakin banyak diminati oleh para trader. Tentu saja, ada banyak hal yang menyebabkan saham tersebut benar-benar diminati, baik karena harganya yang sedang murah, berasal dari emiten yang potensial, dan sebagainya.

Cermati kembali nama saham dan emiten yang ada pada running trade tersebut dan jika Smart People menemukan banyak saham yang diperdagangkan dan siap untuk rebound, maka ada kemungkinan saham tersebut akan naik.

Tentunya, saham yang banyak muncul di running trade cenderung memiliki banyak hal yang menarik. Smart People dapat memilih saham-saham tersebut untuk mulai ditransaksikan pada aplikasi trading saham online dengan imbal hasil yang lebih maksimal.

Meski demikian, dalam aktivitas trading, tidak jarang running trade hanya dipakai sebagai sarana pancingan bandar tertentu supaya para trader terjebak dalam saham tertentu. Caranya, bandar akan membeli saham sedikit demi sedikit namun dalam frekuensi yang banyak.

Sebagai contoh, saham X dengan 1 lot dicicil sampai 100 kali. Dengan cara tersebut, saham X akan sering muncul di running trade sehingga terlihat lebih menarik. Jadi, ketika saham-saham ini muncul di running trade, sebenarnya hal tersebut memang sengaja dipasang oleh bandar, apalagi transaksi saham yang muncul terlihat aneh dan mencurigakan.

Belajar Trading dengan Smart Rate RHB

Membaca running trade memang tidak serta merta dapat membuat seorang trader mendapat berbagai imbal hasil maksimal. Akan tetapi, hal ini juga dapat diimbangi dengan analisis saham hingga menguasai manajemen risiko. Smart People bahkan juga dapat meningkatkan potensi imbal hasil dengan margin saham dengan Smart Rate dari RHB Tradesmart.

Fitur Smart Rate menjadi fitur rekening margin dengan bunga terendah di Indonesia. Apalagi, fitur ini tidak mempengaruhi kinerja dari aplikasi RHB sehingga proses dan aktivitas trading bisa dilakukan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

Smart People bahkan juga bisa mendapatkan promo terbaik untuk pinjaman transaksi sebesar 1,65 kali dari total saham di riwayat portofolio. Bunga margin fitur ini terbukti rendah dengan hanya 0.025% per hari selama 3 bulan dan selanjutnya hanya 0.033% saja. Jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan sekuritas lain.

Ingin mendapatkan fitur pendukung trading saham online ini secara gratis? Segera download aplikasi RHB Tradesmart dari Play Store atau App Store sekarang juga. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *