Cara Penggunaan Beton Instan pada Rumah Minimalis

cara penggunaan beton instan

Beton instan mix merupakan sebuah material campuran yang seringkali penggunaannya bisa kita jumpai pada pembangunan rumah minimalis. Rumah minimalis sendiri merupakan sebuah bangunan yang sekarang ini menjadi tren rumah yang kekinian, dengan model rumah yang kotak/square modern, dan tanpa pemggunaan atap seperti rumah bermodel lawas. Material yang digunakan pada rumah minimalis ini pun tidak banyak dengan mengutamakan penggunaan beton instan mix yang sesuai guna.

Ciri-ciri rumah bermodel minimalis selain tanpa atap, kemudian bentuknya yang cenderung jauh dari meniru rumah lawas (cenderung bulat, kemudian kotak, ataupun bentuk yang mengutamakan fungsi), rumah minimalis lebih terlihat polos dengan hanya menggunakan ornament yang sesuai dengan keperluan. Nah cara penggunaan beton instan di setiapĀ  bentuk bangunan juga akan mempengaruhi hasil pembangunan rumah minimalis yang modern, tepat guna, dan efisien.

Step-Step Penggunaan Beton Instan Mix

Ketika awal akan membangun sebuah rumah minimalis tentunya kamu bersama arsitek yang kamu pilih sudah mempunyai desain rumah minimalis yang kamu impikan. Dari desain rumah tersebut kita bisa melihat bahwa sebagian besar material yang digunakan adalah beton instan. Nah terdapat cara penggunaan beton instan yang perlu untuk kamu pahami dan perhatikan agar rumah yang sedang kamu bangun mempunyai struktur bangun yang kuat dan tepat guna.

Sebelum kita membahas bagaimana step demi stepnya dalam penggunaan beton instan mix. Terlebih dahulu kamu harus memastikan bahwa dasaran yang akan kamu cor atau casting (baik dinding ataupun atap dan lantai) harus dalam kondisi terbebas dari kotoran seperti debu maupun minyak. Tujuannya agar proses pembuatan struktur bangunan dengan teknik cor ini bisa lebih maksimal. Nah berikut ini adalah cara penggunaan beton instan yang perlu kamu perhatikan pengadukannya.

  1. Pertama kamu perlu memasukkan serta mengaduk aggregate kasar yang berupa batu dan pasir. Pengadukan bisa kamu lakukan di dalam mixer bangunan atau molen selama kurang lebih dua menitan.
  2. Kedua kamu bisa melanjutkan dengan memasukkan jenis aggregate yang halus yaitu semen ke dalam mixer tersebut. Baru adonan tersebut kembali diaduk hingga aggregate kasar dan hlus bisa secara merata tercampur.
  3. Ketiga setelah material campuran tersebut menyatu tambahkan air bersih paling tidak 5 literan dan adonan tersebut kembali diaduk.
  4. Keempat jika pengadukan telah selesai, selanjutnya kamu atau tukang bangunanmu bisa menuangkan material campuran tersebut ke dalam cetakan atau bagian yang akan di cor.
  5. Kelima bagian yang di cor tersebut harus didiamkan agar kering dalam beberapa hari dan jika sudah kering lakukan proses curing (siram dengan air) agar ikatan beton instan mix tersebut bisa semakin kuat.

Proses pengecoran pada rumah minimalis dilakukan untuk menghasilkan tata ruang yang luas, kemudian lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan khususnya beton instan, dan berbagai hal lain demi memaksimalkan kegunaan dari lahan yang minimalis. Nah agar penggunaan beton instan mix bisa menghasilkan manfaat yang lebih maksimal kamu juga bisa menerapkan saran berikut ini.

Saran dalam Memaksimalkan Penggunaan Beton pada Desain Rumah Minimalis

Pembangunan rumah minimalis menggunakan beton harus dengan langkah yang tepat, sehingga hasil rumahnya bisa maksimal. Nah jika tadi kita tinjau dari pengadukan material, maka berikut ini ada beberapa saran untuk memaksimalkan penggunaannya.

  • Penggunaan tipe beton yang tepat

Pertama yang harus kamu pastikan adalah penggunaan tipe beton yang tepat, karena sejatinya pada lingkup material bangunan tipe beton sangatlah beragam. Sehingga kamu perlu ketelitian dalam memilihnya baik secara kualitas dan kebutuhan pembangunannya sendiri, bisa juga dengan mengikuti saran jasa arsitek yang kamu gunakan. Tujuannya agar rumah yang sedang kamu bangun bisa mempunyai struktur bangunan yang tahan terhadap segala kondisi.

  • Lebih baik jika kamu menggunakan atap beton

Rumah minimalis demi menampilkan kesan modern bisa didukung dari tipe atap yang digunakan. Jika rumah lawas kebanyakan menggunakan atap yang terbuat dari tanah liat , maka di era modern ini atap bagusnya bermodel dak beton dengan teknik pengecoran dengan komposisi paling kuat.

  • Fokuskan perhatian terhadap kondisi cahaya ruangan

Rumah yang strukturnya menggunakan beton akan mempunyai kondisi pencahayaan yang lebih gelap loh. Sehingga ketika mendesain rumah kamu harus perhatikan betul darimana sumber cahaya paling maksimal dan bisa disalurkan ke seluruh isi rumah. Karena tentunya kamu tidak ingin rumah tersebut kurang bernuansa homey akibat kecerahan yang kurang. Kamu bisa bermain dengan warna cat rumah ataupun membuat rumah minimalis yang open space dari bagian atas sehingga cahaya bisa masuk lebih banyak.

Nah itulah cara penggunaan beton instan yang harus kamu perhatikan, demi menghadirkan rumah minimalis yang homey dan bisa membangkitkan mood setiap harinya. Penggunaan material beton instan mix juga bisa secara efisien menurunkan budget pembangunan rumah loh sehingga kamu bisa mengalokasikan perencanaan dana lebih fungsional.