Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Tidur adalah sunnatullah atau hukum serta ketetapan Allah bagi manusia agar bisa mengistirahatkan badan dan pikiran setelah beraktivitas pada siang hari.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al-An’am ayat 60, yang artinya :

“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.”

Terdapat doa yang bisa dipanjatkan saat bangun tidur. Doa bangun tidur menjadi doa yang harus dibiasakan untuk selalu dibaca saat kamu baru bangun dari tidur. Dengan membaca doa bangun tidur, maka artinya kamu telah bersyukur karena bisa bangun dalam keadaan sehat dan masih diberi karunia hidup oleh Allah SWT. Serta sebagai rasa syukur karena sudah dijaga selama terlelap tidur dari segala hal buruk dan mungkin saja dari mimpi buruk.

Berikut ini bacaan doa bangun tidur yang bisa diamalkan sehari – hari beserta adab dan keutamaannya :

Doa Bangun Tidur

  • Doa Bangun Tidur Singkat

Ini doa bangun tidur versi singkat yang sudah masyhur.

Bacaan Latin :

“Alhamdulillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.”

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Doa Bangun Tidur Tengah Malam

Bacaan Latin :

“Laailaha illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahumulku walahulhamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qadiirun. Subhaanallah wal hamdulillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar wala haula walaa quwwata illa billahi. Robbighfirlii.”

Artinya :

“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah. Dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, Allah Mahabesar, dan tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Ya Tuhanku berilah ampunan bagiku.”

Rasulullah SAW selalu membaca doa diatas saat terbangun dari tidur pada tengah malam.

Amalan Yang Bisa Dilakukan Setelah Bangun Tidur

Selain membaca doa, kamu pun bisa melakukan beberapa amalan setelah bangun tidur. Dimana amalan – amalan tersebut selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW saat terbangun dari tidurnya.

Adapun beberapa amalan yang bisa diamalkan setelah bangun tidur sesuai ajaran Rasulullah SAW adalah sebagai berikut :

  • Baca takbir “Allahu Akbar”
  • Memuji kepada Allah “Alhamdulillah”
  • Baca tasbih “Subhanallah”
  • Baca tahlil “Lailaha ilallah”
  • Baca istigfar “Astagfirullahaladzim”

Lakukan amalan – amalan diatas masing – masing 10 kali.

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

  • Rasa Syukur Kepada Allah

Saat kamu baru bangun tidur dan langsung memanjatkan doa, maka berarti kamu senantiasa bersyukur kepada Allah karena masih diberi kesempatan untuk bangun dalam kondisi sehat dan mata terbuka sehingga bisa melihat dan menjalankan kembali aktivitas sehari – hari dengan baik.

  • Senantiasa Mengingat Allah

Dengan membaca doa bangun tidur juga kamu akan terbiasa untuk senantiasa mengingat Allah. Karena Allah sejatinya adalah Yang Maha Kuasa sehingga bisa saja atas kehendak-Nya kamu tidak dibangunkan kembali saat tidur.

  • Mendapatkan Pahala

Dengan membaca doa bangun tidur juga kamu akan mendapatkan pahala. Jadi, sebaiknya selalu diterapkan dan diamalkan dalam keseharian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *