Investasi yang Menguntungkan P2P Lending Worth It Gak?

P2P Lending

Investasi yang menguntungkan sebenarnya sangatlah beragam di era teknologi ini diantaranya ada yang namanya reksa dana, kemudian ada investasi berbentuk obligasi, selanjutnya ada juga mereka yang lebih tertarik pada penanaman saham, ada juga yang tertarik dengan investasi dalam bidang property, dan juga ada yang lebih memilih deposito. Nah saat kamu ingin berinvestasi tersebut ada juga yang dinamakan dengan P2P Lending. Sekarang ini sudah jamannya teknologi, permodalan dalam memulai usaha juga sudah memasuki era berteknologi. Hal ini tentunya sangat disukai para kaula muda atau millennial yang ingin memulai usaha awal.

Konsep investasi yang menguntungkan satu ini P2P Lending akan saling mempertemukan mereka yang membutuhkan, kamu yang membutuhkan modal akan bertemu dengan mereka yang siap memberikan uangnya. P2P Lending diberdayakan tanpa memerlukan bantuan bank maupun berbagai lembaga keuangan atau finansial yang lain. Meminjamkan modal ini akan berlangsung secara online, yang mana sudah mempunyai wadah sendiri tempat mereka berkumpul yaitu marketplace P2P Lending. Biasanya untuk berada di wadah tersebut, kamu akan diseleksi dulu, kemudian dianalisis dan apakah perlu disetujui atau tidak sehingga pinjam meminjam bisa berlangsung secara berkualitas.

Prinsip Kerja Investasi Menguntungkan P2P Lending

Sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke P2P Lending ada baiknya kamu memahami bagaimana prinsip kerja investasi ini. Berikut secara singkat proses kerja dari investasi P2P Lending pada bagian borrower:

  • Pertama, kamu perlu memberikan pengajuan peminjaman kepada aplikasi pinjaman yang kamu gunakan. Kamu sebagai seorang borrower diharuskan untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.
  • Kedua, kamu akan dihadapkan pada masa analisis dan disetujui atau tidak. Informasi yang kamu berikan akan diberikan kepada pihak yang akan mendanai usaha atau tujuan besarmu setelah dilakukan analisis oleh pihak pemilik aplikasi pinjaman tersebut.
  • Ketiga, jika pengajuan kamu sudah disetujui kamu akan diberikan jadwal kapan kamu harus membayar pinjaman tersebut melalui aplikasi P2P Lending yang kamu gunakan.

Sedangkan jika kamu bertindak sebagai pendana atau pihak yang mendanai pinjaman tersebut, Proses yang kamu hadapi akan meliputi prinsip kerja berikut ini (Pendana)

  • Pertama, kamu sebagai pihak yang mendanai akan diberikan kesempatan untuk melakukan pencarian marketplace. Disana kamu bisa mencarai pinjaman yang mau kamu danai, kamu akan disediakan berbagai informasi penting tentang pihak yang kamu danai lewat fact sheet yang telah disediakan.
  • Kedua, jika kamu sudah sesuai dengan pihak yang akan kamu danai terkait tujuan pendanaan tersebut dan bagaimana ketentuan peminjamannya serta lain sebagainya. Disini kamu akan memutuskan berapa nominal yang akan kamu danai terhadap proposal pinjaman yang kamu pilih.
  • Ketiga, setelah kamu menggelontorkan dana yang kamu punya kepada peminjam kamu akan mendapatkan dana tersebut kembali pada waktu yang telah ditentukan. Dana tersebut akan kembali beserta dengan bunganya sehingga kamu bisa melakukan pendanaan yang lainnya.

P2P Lending Bisa Dinikmati Siapa Saja

Tidak hanya para millennial tetapi P2P Lending bisa dimanfaatkan mereka siapa saja yang melek akan teknologi. Karena basisnya yang memang teknologi fintech, kemudian sistem informasi yang semakin update, dan aplikasi P2P Lending sangat mudah penggunaannya. Bermodalkan gadget ditanganmu kamu bisa menikamti pinjaman dana yang berlangsung online ini.

Di marketplace sangat banyak aplikasi yang menawarkan P2P Lending hanya saja kamu perlu pintar-pintar dalam pemilihannya. Salah satu P2P Lending yang dikenal dengan investasi yang menguntungkan dan berkualitas adalah milik Akseleran, namun di dunia online ini kamu masih diberikan kesempatan untuk memilih berbagai aplikasi P2P Lending yang tersedia bebas dan penting untuk dipertimbangkan. Lakukan riset yang perlu, apakah aplikasi tersebut berjalan secara legal, kemudian mempunyai track record yang bagus, selanjutnya mempunyai izin kerja yang dikeluarkan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan lain sebagainya. Jika ingin mendetaksi kelegalannya kamu bisa menelusuri situs OJK yang bebas untuk dikunjungi oleh siapa saja. Dimana mereka memang mempunya otoritas untuk mengawasi berbagai urusan finansial yang ada di negara ini.

Jika kamu ingin berdiri sebagai pendana kamu pun bisa memberikan modal yang ringan loh, buktinya ada platform yang jika kamu mempunyai uang 25rb, kamu sudah bisa melakukan investasi yang menguntungkan ini. Selanjutnya kamu akan mendapatkan balik modal hingga 20%, besar bukan untuk sekala investasi secara online.

Nah oleh karena itu pertimbangkan investasi yang menguntungkan ini dengan sebaik-baiknya. Berapapun usiamu sekarang ini, sudah saatnya mulai dengan kegiatan investasi yang kekinian ini. P2P Lending bisa menjadi pilihan terbaik karena kamu tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya.