Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Tongkol adalah sejenis ikan yang memiliki tampilan seperti ikan cakalang dan ikan tuna. Ikan tongkol dapat diolah menjadi makanan atau lauk yang super enak dan lezat. Ikan tongkol dapat diolah dengan cara digoreng, dibakar, dioseng atau maish ada cara lainnya, tentunya apapun caranya, ikan tongkol menjadi salah satu primadona masakan warteg dan rumahan. Bagaimana tidak, ikan tongkol selain mengandung banyak gizi juga harganya ramah di kantong jika dibandingkan dengan lauk lainnya.

Ikan tongkol memiliki kandungan gizi yang lengkap, seperti air, energi, protein, lemak, kalsium,zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, selenium dan Niacin. Berbagai kandungan tersebut dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah :

1.Membantu menurunkan berat badan

Ikan tongkol bisa menjadi salah satu bahan terbaik yang digunakan untuk mendukung diet. Ikan tongkol adalah makanan rendah kalori yaitu hanya memiliki 109 kalori per 100gram porsinya. Jenis ini juga memiliki protein yang tinggi sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan protein selama diet. Dengan kandungan protein tersebut dapat membantu menurunkan kadar Ghrelin yang merupakan hormon merangsang rasa lapar.

2. Menjaga kadar elektrolit tubuh

Kandungan natrium dalam ikan tongkol dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kandungan natrium dapat menjaga fungsi saraf dan otot tetap normal. Selain itu, dengan asupan natrium yang cukup dapat menghindari gangguan kesehatan seperti masalah hiponatremia atau kadar natrium rendah.

3.Membantu meningkatkan fungsi otak

Ikan tongkol memiliki kandungan asam lemak omega yang baik untuk menjaga fungsi otak dan menghindari berbagai gangguan kesehatan. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mental dan dapat menghindari di depresi. Adanya kandungan Niacin juga yang merupakan mineral mampu menurunkan resiko penyakit alzheimer maupun demensia yang bisa terjadi karena pertambahan usia.

4.Kaya akan Antioksidan

Tingginya antioksidan dalam ikan tongkol mampu menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan selenoneimne yang tinggi merupakan salah satu antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Jika terkena radikal bebas secara terus menerus, maka tubuh akan mudah mengalami penyakit jantung, diabetes hingga kanker. Sehingga jik mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti ikan tongkol, maka tubuh akan terjaga dari rusaknya sel yang menyebabkan kanker. Dengan mengetahui berbagai manfaat ikan tongkol tersebut, maka pastikan untuk memilih ikan tongkol sebagai bahan makanan yang dikonsumsi. Anda dapat mengolah ikan tongkol menjadi berbagai olahan yang enak dan lezat. Namun, pastikan juga Anda memilih ikan tongkol yang sehat agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Olahan ikan tongkol yang sering kita jumpai di berbagai rumah makan dan paling populer untuk masakan di rumahan adalah ikan tongkol balado. Perpaduan rasa cabai dan ikan sangatlah pas dan menggugah selera. Cara pembuatannya pun cukuplah mudah dan bahan-bahan yang digunakan pun sedikit dan mudah didapatkan. Berikut adalah resepnya.

Resep Tongkol Balado

Bahan-bahan :

  • 1/4 kg ikan tongkol, potong-potong sesuai selera
  • Kaldu jamur
  • Kaldu ayam
  • Garam dan gula

Bumbu Halus :

  • 8 siung Bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 7 buah cabai merah besar
  • 7 cabai rawit merah

Cara Membuat :.

  1. Bersihkan ikan tongkol
  2. Goreng hingga matang, sisihkan
  3. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak
  4. Masukkan ikan tongkol ke dalam tumisan, lalu tambahkan garam, gula dan kaldu ke dalamnya. Koreksi rasa
  5. Jika air sudah menyusut, angkat dan hidangkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *