Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Mendapatkan asupan nutrisi sehari-hari melalui manfaat tempe akan membuat tubuh sehat dan dapat mengkreasikan masakan sesuai selera. Kandungan gizi pada lauk favorit masyarakat Indonesia ini sangat komplit sehingga banyak disukai anak-anak sampai orang tua.

Makanan yang terbuat dari bahan kedelai tersebut mempunyai tekstur empuk. Biasanya masyarakat mengolahnya dengan berbagai cara, mulai dari menumis, memanggang, mengukus, menggoreng, dan lain sebagainya untuk menghasilkan olahan lezat disukai keluarga.

Mendapatkan tempe bukan hal sulit karena selalu ada setiap harinya di pasar hingga supermarket. Mengonsumsinya secara rutin dapat memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.

Kandungan Gizi di Dalam Tempe

Sebelum mengetahui manfaat lauk sejuta umat ini, alangkah baiknya memahami terlebih dahulu beberapa kandungan gizi di dalamnya. Berikut daftar kandungan gizi di dalam tempe.

1.       Mineral

Kandungan pertama adalah mineral yang terdiri dari makro dan mikro. Ini dapat ditemukan pada tempe dengan jenis seperti, kalsium, magnesium, fosfor, tembaga, besi, hingga inositol.

2.       Vitamin

Vitamin pada lauk dari bahan kacang-kacangan tersebut sangat komplit untuk penuhi kebutuhan sehari-hari. Sebut saja, vitamin A, D, E, dan K, B kompleks, B1, B2, B6, B12, asam nikotinat, serta asam pantotenat.

3.       Antioksidan

Kandungan antioksidan pada manfaat tempe sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Bentuknya antara lain, glisitein, isoflavon, genistein, dan daidzein.

4.       Asam Lemak

Asam lemak dihasilkan dari proses fermentasi ketika waktu pengolahan sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol. Ini akan menjaga dampak dari sterol di dalam tubuh agar selalu stabil.

Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Tempe?

Anda suka olahan tempe seperti apa? Apapun jenis teknik memasak lauk andalan keluarga ini, terdapat manfaat tempe untuk kesehatan seperti berikut.

1.       Mencegah Penyakit Osteoporosis

Kandungan di dalam lauk yang terbuat dari kedelai ini mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit osteoporosis dimana dapat menyebabkan kerusakan pada tulang, yaitu pengeroposan. Zat kalium dan fosfor akan membantu Anda menghindari penyakit tersebut.

2.       Mencegah Anemia

Apakah Anda punya risiko anemia atau kekurangan darah? Tenang saja, dengan mengonsumsi lauk ini, akan terhindar dari anemia karena terdapat vitamin B12 yang membantu meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh.

3.       Memperbaiki Sel yang Rusak

Sebagai salah satu sumber protein, makanan dari bahan kedelai dan jenis kacang lain ini mempunyai fungsi untuk memperbaiki jaringan dalam tubuh yang rusak. Protein ini akan mengaktifkan enzim proteolitik agar mudah dicerna sehingga imun juga lebih kuat.

4.       Membantu Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan membantu melawan radikal bebas dimana bisa membuat tubuh mudah terkena penyakit. Selain itu, jika rajin mengonsumsi lauk bertekstur empuk ini dapat terhindar dari masalah kesehatan serius, seperti kanker.

Itu dia informasi tentang manfaat tempe sebagai salah satu lauk kesukaan keluarga Indonesia untuk kesehatan. Dapatkan informasi seputar makanan dan kesehatan dalam artikel gizi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *