Memasang Pipa Tanpa Menggunakan Sambungan Pipa, Memang Bisa?

Memasang Pipa Tanpa Menggunakan Sambungan Pipa

Pipa PVC merupakan salah satu pipa yang biasanya digunakan untuk instalasi air rumah tangga. Ini digunakan baik untuk instalasi air bersih maupun air pembuangan alias air kotor. Nah pada kenyataannya pemasangan pipa PVC tentu tidak bisa dilepaskan dari sambungan pipa. Sambungkan ini bisa anda beli sepaket dengan pipanya langsung pada toko bangunan.

Dikarenakan memang sambungan pipa selalu hadir bersamaan dengan pipanya, makam untuk menemukannya juga mudah di semua toko bangunan pasti ada. Tetapi tahukah anda bahwa ada sebuah fakta bahwa pipa PVC bisa dipasang tanpa sambungan. Proses penyambungan ini tidak membutuhkan fitting melainkan beberapa alat lainnya. Tentu saja ini tidak terlalu disarankan tetapi bisa jadi menjadi alternatif manakala Anda kesusahan menemukan fitting pipa dalam situasi darurat.

 

Instalasi Pipa PVC Tanpa Sambungan

Yang pertama tentu saja harus menyediakan pipa PVC, kemudian membutuhkan pipa besi, kompor gas dan juga lem PVC. Beberapa peralatan tambahan ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko bangunan online maupun offline..

Nah setelah itu Anda masuk ke bagian step pemasangan pipa tanpa sambungan. Proses ini terbilang cukup mudah tetapi tentu membutuhkan skill dalam pemasangannya. Mula-mula siapkan dulu dua batang pipa PVC dengan diameter yang tentunya sama. Kemudian menyiapkan pipa besi yang ukurannya harus lebih kecil dari pipa PVC. Perbandingannya, jika Anda menggunakan PVC dengan ukuran ¾ inci maka bisa memilih pipa besi dengan ukuran lebih kecil yaitu 1/2 inci.

Langkah selanjutnya yaitu menggunakan kompor gas dengan api yang menyala sedang. Bakar ujung pipa pvc di atas api agar menjadi lebih lunak selama 2 menit. Dalam proses pembakaran ini usahakan pipa paralon digerakkan memutar agar seluruh bagian ujungnya merata terbakar. Jika tekstur bagian ujung pipa sudah lentur, maka selesaikan pembakarannya langsung masukkan pipa besi dalam ujung pipa paralon tersebut. Ukuran pipa besinya sepanjang 5 cm dan dalam proses pemasangan ini lakukan dalam posisi tegak lurus.

Setelah memasukkan pipa besi ke PVC langsung direndam dengan air dingin agar pipa PVC hilang panasnya. Keluarkan pipa besi dari PVC, sekarang anda sudah melihat bahwa pipa pvc yang tadi dimasukkan pipa besi memiliki diameter lebih besar. Selanjutnya lakukan pengeleman pipa pvc yang punya ujung diameter lebih besar dengan lem pipa. Nah sekarang proses penyambungan pipa PVC sudah selesai dilakukan.

Jadi itu tadi proses pemasangan pipa pvc tanpa sambungan pipa sama sekali. Nah bagi Anda yang tidak berani coba-coba dalam pemasangan pipa tanpa sambungan ini, tentu saja bisa menggunakan fitting pipa dari merk berkualitas salah satunya yaitu Rucika. Rucika merupakan produsen produk perpipaan dari Indonesia yang sudah berdiri selama puluhan tahun melayani instalasi pipa  rumah tangga maupun industri rumahan. Untuk produk pipa dari Rucika sendiri tentu saja berkualitas  dan juga bisa anda temukan dengan sangat mudah di mana saja salah satunya di www.rucika.co.id. Baik di toko bangunan online maupun toko offline Anda bisa menemukan produk Rucika dengan mudah. Soal kualitas dari pipa Rucika juga sudah dipastikan aman dan terpercaya dengan harga jual yang sangat bersahabat. Untuk harga pipa Rucika sendiri berbeda-beda tergantung diameternya. Pastikan ketika membeli pipa PVC disesuaikan juga dengan ukuran sambungannya agar pemasangan pipa bisa dilakukan secara maksimal dan mendapatkan instalasi pemasangan air yang sempurna.