Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Setiap kita pasti pernah merasakan yang namanya demam, bahkan kepada anak-anak. Sebagai orang tua, pada umumnya Anda pasti pernah mengalami anak terkena demam. Selama kondisi tersebut, tidak jarang orang tua merasa cemas karena si kecil demam. Untuk itu, sebaiknya orang tua mempelajari beberapa cara menurunkan panas dengan obat demam anak alami yang aman, dan ampuh.  Ini dia selengkapnya.

 

Obat Demam Anak Alami, Aman dan Ampuh Turunkan Panas

 

Minum Cairan Anti Dehidrasi

 

Obat demam anak alami yang pertama dalam daftar ini adalah minum banyak cairan, seperti kaldu ayam hangat  jus buah berair dan air putih. Cara menurunkan demam pada anak secara alami satu ini terbilang cukup ampuh. Dengan konsumsi cairan, anak tidak akan dehidrasi saat demam dan berangsur angsur panas turun dan pulih kembali.

 

Istirahat penuh

 

Obat demam anak alami selanjutnya adalah istirahat penuh. Istirahat penuh merupakan cara mengatasi demam pada anak yang dianggap efektif. Memang, terkadang, anak-anak tidak bisa diam saat demam. Tapi usahakan anak istriahat sampai demam reda . Jika anak tidak mau istirahat, cobalah membacakan cerita di tempat tidur agar ia bisa beristirahat dengan baik. Cara ini bisa membantu tubuh si kecil cepat pulih.

 

Mandi air hangat

Mandi air hangat dianggap sebagai cara yang sangat efektif untuk mengatasi anak panas. Ini adalah obat demam anak yang alami dan aman diterapkan. Sebab, air hangat dipercaya dapat menurunkan demam. Jika anak tidak mau mandi, kita bisa memberikan kompres hangat di dahi untuk meredakan demam yang dialami si kecil.

 

Sejukan badan anak

 

Ada beberapa cara mendinginkan tubuh yang bisa dilakukan sebagai cara menurunkan demam anak, di antaranya:

  • Kenakan pakaian yang tidak terlalu tebal
  • Jangan gunakan selimut berlapis-lapis saat tidur
  • Usap tubuh anak dengan air hangat
  • Nyalakan kipas angin untuk menjaga sirkulasi udara di sekitar anak
  • Minum air dingin atau air suhu kamar.

 

Namun, jika anak menggigil karena beberapa hal di atas, sebaiknya segera menghangatkan tubuhnya. Beberapa cara ini adalah obat demam anak alami yang bisa dicoba.

 

Minum air jahe

Jahe adalah obat demam anak alami. Jahe memiliki senyawa antibakteri yang membuatnya dianggap efektif melawan demam. Jika ingin membuat sendiri di rumah, kita bisa memotong sedikit jahe dan merebusnya untuk dijadikan teh. Meski begitu, perlu kita ketahui bahwa tidak semua anak menyukai rasa jahe. Selain itu, jangan terlalu banyak memberikan jahe karena dapat menyebabkan sakit maag.

 

kompres hangat

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kompres hangat merupakan cara efektif menurunkan panas pada balita. Cobalah mengompres ketiak dan selangkangan selama 10-15 menit untuk mengeluarkan panas melalui pori-pori tubuh. Cara menghilangkan panas pada balita ini bisa dilakukan sebagai tindakan pertolongan pertama, sekaligus merupakan obat demam anak yang aman tanpa efek samping.

 

Minum obat penurun demam

Saat badan anak panas, orang tua bisa memberikan obat penurun panas. Dikutip dari Very Well Health, obat  demam anak ini dikenal sebagai antipiretik. Ada banyak obat antipiretik yang bisa dibeli di apotek, seperti asetaminofen.

 

Tapi ingat, jika anak Anda berusia di bawah 3 bulan, jangan memberikan obat apapun sebelum mendapat izin dari dokter. Hindari juga penggunaan aspirin pada anak-anak karena dapat menyebabkan kondisi medis yang fatal yang disebut sindrom Reye. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat demam anak agar si kecil terhindar dari efek samping yang merugikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *