Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Saat akan tanya dokter penyakit dalam ada banyak hal yang harus kamu persiapkan loh. Karena saat konsultasi merupakan saat untuk kita mendapatkan pemeriksaan kondisi pada sistem dan organ tubuh. Nah nantinya dari konsultasi dan pemeriksaan ini kita bisa mengetahui langkah pengobatan seperti apa yang harus kita dapatkan.

Penyakit dalam merupakan sebuah penyakit yang berhubungan dengan fungsi organ tubuh manusia secara keseluruhan dan harus ditangani oleh spesialis penyakit dalam (Sp.PD) atau istilahnya internis.

Dari kamu tanya dokter penyakit dalam kamu akan mendapatkan diagnosis, pengobatan, dan langkah preventif agar penyakit tersebut tidak semakin parah. Nah bertanya pada dokter penyakit dalam bisa kamu lakukan secara online di situs SehatQ loh yaitu menggunakan fitur chat dokter.

Namun sebelum kamu melewati sesi tanya dokter ada baiknya kamu menyiapkan beberapa hal. Beberapa hal ini penting agar sesi tanya jawab semakin efektif dan bisa mendapatkan hasil akurat sebelum dilanjutkan ke proses pemeriksaan dan pengobatan.

Macam-Macam Penyakit Dalam yang Bisa Kamu Konsultasikan

Pertama yang harus kamu tau adalah dokter penyakit dalam terbagi ke dalam subspesialisasi artinya hanya organ atau sistem dalam tubuh yang ditangi oleh satu spesialis. Nah berikut ini ada beberapa macam subspesialisasi yang harus kamu ketahui.

  • PD-KAI

Merupakan spesialis alergi imunologi atau yang menangani alergi dan juga gangguan pada sistem kekebalan tubuh manusia. Diantaranya penyakt asma, lalu biduran, autoimun, dan berbagai alergi makanan maupun obat.

  • PD-KGEH

Merupakan spesialis yang khusus menangani gangguan pada sistem pencernaan dan juga organ hati kita. Diantaranya ada gastritis, bila terkena tukak lambung, lalu hepatitis, dan juga bila terkena pankreatitis.

  • PD-KGer

Selanjutnya ada spesialis yang menangani pasien lanjut usia karena terkena proses penuaan. Biasanya kondisi yang ditangani adalah hipertensi, lalu demensia, bisa juga osteoarthritis dan sebagainya.

  • PD-KGH

Merupakan spesialis yang menangani gangguan pada organ ginjal dan juga tekanan darah tinggi. Gangguan tersebut diantaranya terjadi ketika gagal ginjal kronis, bila terkena infeksi saluran kemih maupun hipertensi dan sebagainya.

  • PD-KHOM

Merupakan spesialis yang menangani kanker yang terjadi pada darah. Khususnya mereka yang terindikasi leukemia dan juga limfoma.

  • PD-KKV

Merupakan spesialis dokter yang menangani berbagai gangguan pada organ jantung maupun pembuluh darah. Diantaranya ada penyakit gagal jantung, jantung coroner maupun penyakit pada katup jantung.

Selanjutnya masih banyak lagi spesialisasi dokter penyakit dalam yang lain seperti spesialis metabolic endokrin, psikosomatik, pulmonology, reumatologi, dan juga tropik infeksi. Nah sebelum kamu mengetahui harus tanya dokter penyakit dalam yang mana di SehatQ, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan yaa.

Persiapkan Hal Berikut Sebelum Konsultasi Dokter Penyakit Dalam

Saat menggunakan chat dokter dari SehatQ untuk berkonsultasi mengenai penyakit dalam yang kamu derita. Seorang pasien dan penanggungjawab harus mempersiapkan beberapa hal penting, diantaranya:

  • Catatan Gejala

Saat akan tanya dokter penyakit dalam kamu harus terlebih dahulu mencatat gejala penyakit yang muncul. Agar keluhanmu bisa tersampaikan secara maksimal, kamu bisa mencatat apa gejala yang sudah kamu alami dari hari pertama.

Selain gejala kamu juga bisa membuat list pertanyaan yang akan kamu tanyakan kepada dokter penyakit dalam. Pertanyaan bisa berisi kekhawatiranmu yaa dan mencatat merupakan langkah tepat untuk menghindari lupa apa yang harus kamu tanyakan.

  • Riwayat Kesehatan

Ketika akan konsultasi kamu juga harus sudah mempersiapkan segala dokumet riwayat penyakit yang kamu punya. Baik itu terkait penyakit yang kamu derita maupun soal alergi yang kamu punya. Riwayat penyakit biasanya dalam bentuk foto rontgen/hasil tes laboratorium dan sebagainya. Hal ini tentunya akan mempermudah seorang dokter penyakit dalam dalam memberikan solusi atau pengobatan yang harus diberikan.

  • Obat yang Dikonsumsi

Saat sedang chat dokter kamu juga bisa menyampaikan obat apa saja yang sedang kamu konsumsi atau pernah konsumsi. Entah itu obat medis, obat herbal maupun obat yang lain. Karena informasi tersebut bisa melengkapi data yang dibutuhkan seorang dokter dalam melakukan diagnosis.

  • Surat Rujukan

Ketika kamu tanya dokter penyakit dalam di SehatQ kamu juga bisa mendapatkan rujukan ke rumah sakit loh untuk pemeriksaan lebih lanjut dan menghindari kesalahan diagnosis. Nah biasanya kamu akan mendapatkan surat rujukan yang berisi gambaran awal kondisimu dari dokter tersebut.

Kalau sudah cukup puas dengan chat dokter di SehatQ, kamu bisa langsung mengikuti saran pengobatan dari dokter maupun saran pemeriksaan. Biasanya untuk penyakit dalam akan melewati pemeriksaan riwayat penyakit, pemeriksaan fisik, pemeriksaan fisik lanjutan, pemeriksaan laboratorium, Radiologi, dan sebagainya. Dari situ akan muncul diagnosis dan pengobatan yang wajib kamu jalani yaa. Jika kamu masih mempunyai pertanyaan terkait penyakitmu kamu bisa tanya dokter penyakit dalam lagi di SehatQ secara gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *