Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Penggunaan panel surya membawa banyak keuntungan mulai dari ramah lingkungan hingga hemat biaya listrik. Banyak orang yang beralih ke penggunaan panel untuk menghemat biaya listrik dan isu perubahan iklim. Namun, sebelum memasangnya, ada beberapa hal yang wajib diketahui sebagai berikut.

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan sebelum Memasang Panel

  • Daya Listrik

Poin utama dalam memilih panel surya yaitu daya listriknya agar sesuai dengan rumah atau bangunan anda. Berdasarkan Permen ESDM No. 26 Tahun 2021, penggunaan PLTS Atap boleh dipasang dengan daya 100% dari total listrik yang terpasang. Contohnya, daya listrik rumah yaitu 4.400 watt, maka pemasangan PLTS dibolehkan dengan daya 1 kWp hingga 4 kWp.

  • Bahan Panel

Material atau bahan yang kerap dijumpai untuk pemakaian pada bangunan residensial atau komersial yaitu jenis Monocrystalline. Hal ini sering digunakan oleh masyarakat karena harganya terbilang ekonomis serta tingkat efisiensinya yang sangat baik. Meskipun banyak beredar di pasaran, anda wajib teliti mengenai jasa apa yang ditawarkan dalam pemasangan panel surya.

Anda tidak boleh terpaku dengan harga yang murah tanpa mengenali kualitasnya yang bisa saja rendahan. Salah satu contoh perusahaan yang berkualitas dan terpercaya dalam menawarkan pelayanan pemasangan PLTS yaitu Sun Energy. Produk dari perusahaan ini menyediakan berbagai produk panel surya yang berstandar internasional.

  • Jenis serta Luas Atap

Hal lain yang wajib diketahui selanjutnya sebelum memasang panel surya yaitu dengan memperhatikan jenis dan luas atapnya. Sebab, struktur atap sangatlah berpengaruh dalam menopang panel surya. Bila atap masih menggunakan kayu, maka sangat disarankan untuk menggantinya ke bahan yang lebih kuat dan kokoh seperti baja ringan.

  • Bayangan atau Shading

Anda juga wajib memperhatikan posisi panel surya yang akan terpasang di atap bangunan atau rumah. Lokasi terbaik pemasangan dapat menentukan penyerapan energi yang optimal dimana lokasi tidak memiliki penghalang atau bayangan dari suatu objek. Misalnya, pohon, tanamn, baliho, gedung tinggi, dan benda lainnya yang menghalangi sinar matahari.

  • Intensitas Penyinaran Matahari

Perlu anda ketahui bahwa semakin besar intensitas penyerapan dari suatu energy matahari, maka semakin tinggi pula kinerja panel suryanya. Untungnya, negara Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa yang menyebabkan penyerapan energy surya sangat tinggi. Untuk memaksimalkan, anda dapat mengarahkan panel dengan meletakkan sesuai kaedah lokasi.

  • Hambatan dari Beban Listrik

Hambatan beban listrik juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Sebab, panel surya bekerja mulai matahari muncul hingga terbenam. Artinya, penyerapan optimum terjadi pada pukul 10 pagi serta 2 siang atau durasinya selama 4,5 jam. Hal ini dapat menyebabkan tegangan listrik surya tidak stabil. Oleh sebab itu, anda wajib menyikapi naik turunnya tegangan dengan inverter.

Demikian informasi mengenai 7 poin penting yang perlu diketahui bagi calon pengguna PLTS atap. Dengan begitu, anda dapat menerapkannya dan segera melakukan pemasangan. Layanan SUN Energy menawarkan biaya pemasangan berbagai panel surya yang berkualitas dengan DP 0% bagi anda yang tertarik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *