Tips Efektif Agar Kue Tidak Lengket pada Loyang

Tips Efektif Agar Kue Tidak Lengket pada Loyang

Jangan menganggap remeh kue yang lengket pada loyang ketika matang. Karena kue yang lengket akan membuat Anda kesulitan mengeluarkannya dari loyang. Kue buatan Anda akan mudah hancur dan bentuknya jadi kurang menarik. Sajian kue buatan Anda jadi kurang menggugah selera. Kalau ingin kue tidak lengket dan penampilannya menarik, ikuti saja beberapa tips efektif ini.

Pastikan Bahwa Loyang Sudah Bersih

Sisa lemak dan kotoran yang menempel pada loyang ternyata bisa membuat adonan kue jadi lengket dan sulit dikeluarkan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa loyang yang Anda gunakan selalu kering. Cucilah loyang dengan air mengalir kemudian bersihkan dengan kain lap bersih sesaat sebelum loyang akan digunakan.

Mengoleskan Margarin pada Seluruh Permukaan Loyang

Margarin Blue Band Serbaguna andalan Anda tak hanya bermanfaat bisa menjadi bahan dasar kue. Mengoleskan margarin Blue Band Serbaguna dan menaburkan tepung terigu pada seluruh permukaan loyang juga penting. Cara sederhana ini akan membuat kue tidak lengket. Setelah matang dan didiamkan beberapa saat, kue pun bisa dikeluarkan dari loyang dengan mudah.

Melapisi Loyang dengan Kertas Kue

Anda juga bisa menggunakan kertas kue yang ukurannya sesuai dengan loyang kue Anda. Kertas kue akan membuat adonan kue tidak lengket pada permukaan loyang. Anda pun tidak akan kesulitan melepaskan kue yang sudah matang dari loyang.

Selalu Menggunakan Loyang Anti Lengket

Saat ini ada berbagai varian loyang anti lengket yang bisa mempermudah Anda ketika membuat kue. Karena kue yang sudah matang bisa dilepaskan secara mudah dari loyang. Biasanya loyang anti lengket terbuat dari bahan teflon atau silikon. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan loyang biasa, tentu saja harga tersebut sebanding dengan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Anda pun tidak akan kesulitan membersihkan sisa-sisa kue yang melekat pada permukaan loyang.

Jangan Menggunakan Loyang yang Terlalu Dalam

Biasanya adonan kue akan sulit matang sempurna bila bentuk loyangnya terlalu dalam. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya Anda membagi adonan pada beberapa loyang berukuran sedang. Anda bisa mendapatkan kue yang matang sempurna dan tidak lengket jika menggunakan ukuran loyang yang tepat.

Tidak Perlu Terburu-buru Mengangkat Kue

Ketika kue buatan Anda baru matang, biasanya tekstur kue tersebut masih lengket karena temperatur yang panas. Bahan-bahan yang terkandung dalam kue belum menyatu sempurna sesaat setelah matang. Sebaiknya Anda mengistirahatkan kue selama kurang lebih satu jam. Setelah satu jam, kue yang sudah dingin akan lebih mudah dikeluarkan dari loyang. Anda pun tak akan terganggu oleh uap panas yang terdapat di dalam kue.

Kalau selama ini Anda malas membuat kue karena teksturnya yang lengket, sekarang Anda pasti tidak akan mengalaminya lagi. Anda akan lebih termotivasi membuat aneka kue istimewa sesuai selera keluarga. Anda akan semakin mahir membuat kue bila sering mempraktikkan berbagai jenis resep di rumah. Yuk berkreasi dengan aneak resep kue istimewa favorit keluarga.