Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Saat akan melaksanakan sholat jenazah, Anda harus memahami bacaan niat serta doa dalam melaksanakan tata cara sholat jenazah. Berikut ini beberapa urutan tata cara sholat jenazah yaitu:

Niat Sholat Jenazah

Sebelum Anda melakukan sesuatu Anda harus mempunyai niat dalam hati Anda. Niat merupakan sesuatu keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan yang ditujukan hanya kepada Allah.  Yang terkandung dari doa jenazah ini adalah meminta ampunan untuk jenazahnya.

Tata cara sholat jenazah ini tidak menggunakan ruku dan sujud. Anda hanya harus berdiri lalu melakukan 4 kali takbir. Hukum dari sholat jenazah ini adalah fardhu kifayah.

Fardhu kifayah adalah suatu status hukum dari sebuah aktivitas dalam Islam yang wajib dilaksanakan, namun jika sudah dilakukan oleh muslim yang lain maka kewajiban ini tidak usah dilaksanakan atau gugur. Sholat jenazah dilaksanakan dengan tujuan untuk mendoakan mayat atau jenazah.

Tata cara sholat jenazah bertujuan untuk untuk mendoakan orang yang telah meninggal. Sholat jenazah juga telah dicontohkan oleh nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam, walaupun banyak ulama yang mempunyai pendapat yang berbeda akan tetapi pembahasan di atas adalah salah satu yang dicontohkan oleh nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam.

Sholat jenazah apakah boleh diikuti oleh perempuan? Hukum perempuan mengikuti sholat jenazah adalah mubah.

Mubah adalah suatu perbuatan yang diberikan sebuah pilihan yaitu ketika dilakukan dia akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak akan mendapatkan dosa. Jadi perempuan dalam mengikuti sholat jenazah boleh-boleh saja.

  • Berdiri Menghadap Kiblat

Tata Cara Sholat Jenazah selanjutnya adalah arah kiblat. Kiblat merupakan arah yang ditujukan untuk umat Islam dalam sebagian konteks ibadah. Ketika Anda menjadi imam pada sholat jenazah Anda harus berdiri searah tali pusar atau berdiri antara perut.

  • Melakukan Takbir 4 Kali

Takbir adalah sesuatu yang diucapkan oleh umat Islam saat berada dalam berbagai macam situasi. Semisal ketika mereka merasa saat gembira, sedih,   mencegah seseorang muslim ketika menjadi sombong dengan cara mengingatkannya. Bahwa Allah merupakan sumber atau yang memberikan mereka rezeki.

  • Takbir Pertama Anda Harus Membaca Al Fatihah

Dalam pembacaan al Fatihah Anda membacanya di dalam hati atau tidak diucap mau itu imam maupun makmum. Setelah membaca al fatihah tidak membacakan surat lainnya karena tidak sah jika menambahkan surat lainnya.

  • Takbir Kedua Membaca Shalawat Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam

Anda diwajibkan untuk membaca shalawat kepada nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam ini. Karena keutamaan dalam bershalawat kepada nabi itu yaitu sesorang yang bershalawat untuk Nabi Muhammad saw akan diangkat derajatnya, dilimpahkan kebaikannya, serta dihapuskan keburukannya.

  •  Takbir Ketiga Membaca Doa untuk Jenazah

Tujuan dari mendoakan jenazah ini adalah agar orang yang meninggal supaya dijauhkan dari panasnya api neraka serta amal baiknya diterima di sisi Allah SWT.

  • Takbir Keempat Membaca Doa Untuk Jenazah

Yang memiliki kandungan yaitu, jangan lah pahala itu tidak sampai kepada Anda dan janganlah memberikan fitnah atas sepeninggalnya, serta ampuni dosa-dosa yang telah dilakukan.

  • Mengucap Salam

Tata Cara Sholat Jenazah yang terakhir adalah mengucapkan salam. Saat mengucapkan salam Anda harus menoleh dengan sempurna dengan cara menoleh ke kiri dan ke kanan.

Seperti yang telah dibahas pada artikel diatas, pelaksanaan sholat jenazah ternyata sangat mudah untuk dilakukan akan tetapi Anda harus mempelajari lebih dalam soal pembahasan sholat jenazah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *