Yuk, Coba Cara-Cara Ini Untuk Memperbanyak ASI Bunda

cara memperbanyak asi

Bagi para ibu yang memiliki anak bayi, pasti salah satu hal yang paling membahagiakan adalah dapat memberi ASI kepada anaknya. Tetapi tidak sedikit ibu yang produksi ASI nya sedikit bahkan tidak muncul di awal-awal masa menyusui.

Hal seperti itu tentunya membuat para ibu terutama ibu baru merasa stress karena tidak dapat memberikan ASI kepada anaknya. Padahal ASI merupakan sumber makanan utama yang paling baik untuk bayi. Tidak jarang banyak ibu menyerah dan memilih untuk memberikan susu formula pengganti ASI pada anaknya.

Padahal banyak cara yang bisa dilakukan oleh bunda-bunda dirumah untuk memperbanyak produksi ASI bunda loh. Berikut ini ada beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa bunda lakukan dirumah.

  1. Minum Air Putih yang banyak

ASI yang ada dalam tubuh anda berasal dari cairan ataupun makanan yang anda makan, oleh karena itu menjaga asupan mineral dalam tubuh dirasa sangat penting karena itu akan mempengaruhi produksi ASI anda. Setidaknya anda perlu meminum air sebanyak 2,5 L per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda dan juga produksi ASI anda.

  1. Tetap memberikan ASI pada anak

Tetap memberikan ASI pada anak akan merangsang payudara anda untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Semakin sering anda memberikan ASI pada anak anda maka akan membiasakan tubuh anda untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Jangan lupa untukĀ  memberikan ASI pada kedua bagian payudara secara bergantian.

  1. Minum Vitamin dan Makan Makanan Bergizi

Menjaga asupan gizi seimbang dalam tubuh sangat penting bagi ibu menyusui karena asupan gizi tersebut nantinya akan berpengaruh kepada kandungan nutrisi didalam ASI. Jadi disarankan untuk meminun vitamin dengan asam folat yang tinggi dan juga makan-makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi harian anda.

  1. Rajin Memompa ASI

Anda bisa melakukan pumping atau memompa ASI pada bagian payudara yang tidak dihisap oleh bayi saat sedang menyusui. Hal ini dapat mempengaruhi produksi ASI karena semakin sering ASI di keluarkan maka tubuh anda akan semakin terangsang untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi.

  1. Mengompres dan Memijit Area Payudara

Sebelum anda memberikan ASI pada anak anda, ada baiknya anda mengompres dan memijat area payudara anda selama beberapa menit. Hal ini akan memberikan efek relaksasi pada payudara sehingga produksi ASI anda semakin lancar.

  1. Melakukan Hidup Sehat

Pola hidup sehat tentunya buka hanya sekedar makan-makanan yang bergizi saja, anda juga harus cukup istirahat. Meskipun pada kenyataannya saat memiliki bayi anda seringkali kurang tidur tetapi anda harus tetap menyempatkan untuk beristirahat sesuai dengan kebutuhan tidur manusia dewasa yaitu sekitar 6-7 jam per hari.

  1. Menghindari Stress

Dari semua hal yang bisa dilakukan diatas untuk memperbanyak produksi ASI, salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu Kesehatan mental dan pikiran dari si ibu, karena jika pikiran si ibu tidak stabil maka akan mempengaruhi produksi dari ASI tersebut. Begitu juga dengan si bayi yang akan merasakan keadaan dari si ibu.

Nah, itulah hal-hal yang bisa bunda-bunda lakukan dirumah untuk memperbanyak produksi ASI bunda. Jika dari cara-cara berikut anda merasa masih kurang maksimal maka anda juga bisa melakukan dengan ahli laktasi untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat. Tetap semangat memberikan ASI ya bunda-bunda semua!