Latest Post

Hal Ini Sangat Menentukan Harga Asuransi Mobil Cara Cerdas Dapat Uang 500rb Sehari

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa menikah merupakan salah satu tujuan hidup bagi manusia. Seperti yang terdapat pada salah satu ayat Al Quran, menyebutkan bahwa Allah SWT menciptakan laki-laki dan wanita di bumi agar bisa hidup berpasang-pasangan.

Setiap Muslim diwajibkan menikah dengan mengikuti rukun serta syarat sah nikah yang sesuai ajaran agama Islam. Begitu pun dengan doa untuk pengantin yang termasuk kedalam bagian amalan ajaran agama Islam.

Selain memanjatkan doa, tentu saja kita juga harus memberikan ucapan selamat bagi kedua mempelai pengantin. Nah, bagi kamu yang ingin tahu berbagai macam doa untuk pengantin, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

1.Doa Bagi Pengantin Baru

Nabi Muhammad SAW selalu memanjatkan doa khusus pengantin ketika menghadiri acara pernikahan. Doa ini tertuang dalam sebuah hadits sahih yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah. Adapun mengenai bacaan doa beserta artinya seperti berikut:

Barakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khayrin

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu ketika bahagia dan ketika susah, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.“ (HR. Abu Daud no. 2130)

2.Doa Setelah Dinyatakan Sah Sebagai Suami Istri

Jika sudah dinyatakan sah oleh para wali dan saksi, maka tangan mempelai pria dianjurkan untuk memegang ubun-ubun sang istri sambil memanjatkan doa seperti berikut :

Allahumma innii as aluka min khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Artinya : “ Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.“ (HR. Abu Daud no. 2160).

3.Doa yang Harus Dipanjatkan Oleh Tamu Undangan

Masih banyak dari kita yang hanya mengucapkan selamat menikah saja, tapi tidak mengamalkan doa untuk pengantin. Padahal, setiap Muslim yang menghadiri acara pernikahan dianjurkan untuk memanjatkan doa bagi pengantin setelah selesai menyantap hidangan. Adab tersebut sudah tertuang dalam dua hadits riwayat HR. Ahmad dan HR. Muslim yang berbunyi:

Allahummag pir lahum war hamhum wa baarik lahum piiymaa rozaqtahum

Artinya : “Ya Allah, ampunilah mereka sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad lV/187-188)

Allahumma at’im man at’amaniiy wasqiman saqqoniiy

Artinya : “Ya Allah, berikanlah makanan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR. Muslim no. 2055).

4.Doa Saat Hendak Berhubungan Badan

Seperti yang diketahui bahwa agama Islam mengajarkan agar kita senantiasa memanjatkan doa sebelum dan sesudah menjalankan aktivitas. Begitu pun sebelum berhubunga badan, yang mana pasangan suami istri harus memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Doa tersebut bertujuan agar suami istri mendapatkan keberkahan, kebaikan pada momongan kelak nanti, dan menambah kemesraan.

Bismillah, allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.“ (HR. Bukhari no. 6399 & Muslim no. 1434).

5.Doa Meminta Diberi Keturunan yang Saleh

Orangtua mana sih yang tidak ingin dikaruniai anak-anak saleh? Nah, jika kamu dan pasangan sahmu ingin dikaruniai anak-anak yang saleh, maka amalkan bacaan doa seperti berikut:

Robbi hab lii minash-shoolihiin

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.” (QS. As-Shafat ayat 100).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *